Perjalanan
sejarah Negara Jepang yang lebih banyak berhubungan dengan Konfusianisme, Budha
dan Shinto, keberadaan Islam bukanlah sesuatu yang ada di dalam kehidupan
masyarakat Jepang. Selain itu adanya kebijakan mengasingkan diri sekitar 200
(dua ratus puluh) tahun, dari pertengahan abad ke 17 (tujuh belas), sehingga
tidak ada kontak antara Jepang dengan Islam. Hal inilah yang menyebabkan
masuknya Islam ke Negeri Jepang begitu lambat. Ketika membuka dirinya dari
pengasingan yaitu pada masa Meiji, orang-orang Jepang mulai mengetahui Islam
dari tetangganya yaitu Cina melalui buku-buku Cina yang di tulis oleh orang
Eropa, hal inilah yang menyebabkan orang-orang Jepang belajar ke Cina.
Mengenai
kapan agama Islam diperkenalkan ke Jepang tidak diketahui dengan pasti. Namun
semenjak zaman modern, melalui hubungan perdagangan antara benua dan negara,
penganut-penganut Islam sebagai perorangan mengadakan hubungan yang luas dengan
anggota-anggota masyarakat setempat. Pertemuan antara pedagang dan perorangan
Jepang itu tidak hanya terjadi di Jepang sendiri, tetapi juga terjadi di negeri
asing. Begitu juga bacaan mengenai Islam yang memasuki Jepang sesudah Restorasi
Meiji merupakan karya-karya orang Cina atau buku-buku dalam bahasa Cina yang
diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang. Persentuhan atau pertemuan antara Islam
dengan Jepang memiliki beberapa periodesasi. Abu Bakar Morimoto dalam
bukunya yang berjudul Islam in Japan: Its Past, Present and Future mengatakan
bahwa hubungan Islam dengan Jepang adalah suatu hal yang baru jika dibandingkan
dengan beberapa negeri di Asia, Afrika dan Eropa. Untuk menggambarkan hubungan
ini secara teratur, maka lebih baik mempelajari sejarah Islam di Jepang kedalam
beberapa periode.
Pertama,
Periode antara Restorasi
Meiji dan akhir Perang Dunia II Dengan
lahirnya era baru yaitu pada masa Restorasi Meiji, Jepang dengan cepat mulai menerima dan menyerap
berbagai ilmu pengetahuan Barat. Melalui ilmu pengetahuan Barat ini,
orang-orang Jepang juga mulai melakukan interaksi secara bebas dengan
agama-agama Barat. Tentu saja, agama Kristen adalah suatu agama yang dinilai
mempunyai pengaruh yang kuat terhadap orang-orang Jepang. Namun kemudian mereka
beralih kepada Islam yaitu ketika adanya buku-buku terjemahan tentang kehidupan
Nabi Muhammad saw, maka dengan demikian Islam mendapat tempat dikalangan para
intelektual Jepang. Hal ini hanya sebatas ilmu pengetahuan saja dan sejarah
kebudayaan.
Hubungan
yang lain terjadi pada tahun 1890, yaitu ketika Kerajaan Turki mengirimkan
kapal perang angkatan laut ke Jepang dalam misi muhibbah yang menjadi pelopor
bagi hubungan antara dua negara dan disisi lain antara orang Islam dengan Orang
Jepang. Misi ini membuka jalan untuk hubungan diplomasi antara Jepang dan
Turki. Ketika pulang ke Turki awak kapal Turki mendapat musibah di laut. Dengan
mengetahui keadaan kapal Turki, orang-orang Jepang menolong mereka dengan
mengadakan penyelamatan. Komunitas muslim pertama kali dimulai dengan datangnya
beberapa ratus orang Turki, Uzbek, Tadzik, Kirghiz, Kazak dan pengungsi Muslim
Tatar dari Asia Tengah dan Rusia yang terjadi pada waktu Revolusi Bolshevik.
Para pengungsi Muslim ini mendapat perlindungan di Jepang. Mereka telah mulai
kehidupan baru mendapat tempat tinggal dengan tenang di beberapa kota di Jepang
seperti Tokyo, Kobe, Nagoya dan sebagainya. Mereka juga mulai melakukan
kegiatan keagamaan dengan membentuk komunitas-komunitas di tempat mereka
tinggal. Hubungan antara Muslim ini dengan penduduk setempat membawa kepada
masuknya beberapa orang Jepang kedalam agama Islam.
Kedua,
Setelah Perang Dunia Ke II Di
bawah undang-undang baru Jepang, diumumkan secara resmi setelah perang,
kebebasan beragama dari orang-orang Jepang telah dijamin. Maka, seluruh
pemerintah dan semua kantor pemerintahan serta berbagai institusi telah merdeka
dari berbagai macam hak istimewa terhadap agama utama (Shinto). Diwaktu yang
sama, semua orang diberi kebebasan untuk percaya, melakukan ibadah atau
menyebarkan agamanya sebagai pilihan. Berbagai organisasi keagamaan mulai
bermunculan. Pada waktu yang sama juga, setelah peperangan berakhir, tumbuhlah
kemerdekaan negara-negara Muslim di Asia dan Afrika, serta diplomasi, ekonomi dan pertukaran kebudayaan
mulai tumbuh secara perlahan antara negara-negara Muslim di Asia dan Afrika
dengan Jepang. Pertukaran ini juga membawa gelombang pejabat pemerintahan
Muslim, para sarjana, orang-orang bisnis, pelajar dan lain sebagainya pergi ke
Jepang. Dan sebaliknya, orang-orang Jepang pergi ke negara-negara Muslim.
Selain
itu, banyak orang Jepang mulai menunjukkan rasa keingintahuan mereka terhadap
bahasa Arab dan ajaran-ajaran Islam. Para pemuda Jepang mulai pergi ke Arab dan
negara-negara Muslim untuk belajar bahasa Arab dan Islam, beberapa dari mereka
mengajarkan kembali semua yang telah mereka dapat di Jepang setelah mereka
kembali. Di Jepang, duta besar dari negara-negara Muslim seperti Arab Saudi, Kuwait, Mesir,
Pakistan, Libya, Iran, Malaysia, Indonesia dan sebagainya secara aktif mereka
memberi pertolongan dan bantuan terhadap seluruh kegiatan keislaman. Haji Umar
Mita adalah salah seorang sarjana Muslim Jepang yang mempublikasikan al Qur'an
yang telah diterjemahkan dalam bahasa Jepang, dalam melakukan penerjemahan
tersebut ia disponsori oleh Rabithah al-alam al-islami. Setelah peperangan berakhir,
Jepang banyak mendapatkan kerusakan dalam bidang industri. Untuk memperbaiki
perindustriannya Jepang membutuhkan minyak yang 99,8% didapatkan dari
Negara-negara Muslim di Timur Tengah dan Asia.
Karena
membutuhkan minyak maka Jepang harus berinteraksi dengan Negara-negara
tersebut. Pada saat Arab Boorrf (1973), media masa Jepang melakukan pemberitaan
besar-besaran mengenai Muslim Word secara umum dan Arab World secara khusus,
setelah menyadari pentingnya Negara-negara Arab bagi ekonomi Jepang. Melalui
pemberitaan tersebut banyak orang Jepang mengenal Islam melalui tampilan ibadah
haji di Mekah serta mendengar suara azan dan bacaan al Qur’an. Selain itu,
banyak juga usaha yang sungguh-sungguh untuk mempelajari Islam dan banyak yang
memeluk Islam.
1. Islam
di Jepang
Michael Penn dan Keiko Sakurai, menawarkan
pengetahuan dasar tentang demografi, asal-usul etnis, praktik keagamaan, dan
tantangan Muslim di Jepang. Kedua penulis menawarkan potret yang hampir
identik tentang pola imigrasi, komposisi etnis, status kependudukan, dan
kesulitan sosial dan bahasa (termasuk masalah sholat di tempat kerja, puasa,
larangan alkohol, pakaian konservatif seperti jilbab dan jilbab, dan
pencarian konstan untuk halal makanan)
menjadi Muslim di Jepang. Mereka
juga setuju bahwa sikap negatif orang Jepang terhadap Islam sebagian besar
didorong oleh ketidaktahuan, ketakutan, kurangnya kontak pribadi dengan Muslim,
laporan media tentang terorisme Islam (terutama aksi teroris 11 September di
mana lebih dari dua lusin orang Jepang tewas), dan persepsi bahwa Islam adalah
agama yang tidak toleran, keras, keras, dan “ketaatan tunggal”.
Penn
mengutip survei siswa sekolah menengah di mana mayoritas besar merasa bahwa
Islam itu “agresif,” “tidak toleran,” “tidak memiliki kebebasan,” dan
“melibatkan doktrin yang kaku.” Kedua penulis setuju bahwa Islam adalah agama
"asing" bagi kebanyakan orang Jepang dan bahwa sifat picik masyarakat
Jepang membuat sangat sulit bagi Islam untuk membuat kemajuan yang signifikan
di Jepang.
Kedua
penulis tidak memandang Muslim di Jepang sebagai ancaman terorisme baik bagi
negara itu atau ke Amerika Serikat dan keduanya melihat kemungkinan kecil
radikalisasi di kalangan Muslim Jepang. Mereka juga setuju bahwa orang-orang
Muslim yang sudah lama tinggal di Jepang dan yang telah menjalin hubungan
keluarga di negara itu mulai berintegrasi ke dalam masyarakat Jepang dengan
mengadopsi kebiasaan lokal dan belajar bahasa Jepang. Ketika ingatan tentang 11
September mulai memudar, sikap negatif orang Jepang terhadap Islam harus mulai
menghilang. Muslim dengan demikian akan mulai lebih diterima di Jepang,
terutama jika iman mereka dipraktikkan secara pribadi.
Banyak agama lama dan baru seperti Shinto, Budha,
Tenrikyo, dan Kristen mendefinisikan struktur sosial masyarakat Jepang, dan
keyakinan agama Jepang umumnya terkait dengan sinkretisme. Meskipun menghadapi
tantangan sosial dan budaya tertentu, Muslim yang di jepang, di sisi lain akrab
dengan bahasa Jepang, adat istiadat, dan warisan budaya dan karenanya menemukan
hidup sebagai Muslim di Jepang jauh lebih mudah daripada imigran atau Muslim
asing. Islam Sufi bisa lebih dapat diterima oleh budaya Jepang karena mendorong
umat Islam untuk toleran terhadap agama lain dan untuk menghindari politik di
bidang terorisme.
2.
Muslim di Jepang
Kontemporer (Keiko Sakurai)
Populasi Muslim non-Jepang yang tinggal di Jepang pada
tahun 2004 berkisar dari enam puluh hingga tujuh puluh ribu orang, yang
mayoritas adalah laki-laki. Satu perhitungan dimulai dengan jumlah total
penduduk asing terdaftar dari Organisasi Konferensi Islam (OKI) negara-negara
anggota (67.746), mengurangi orang asing dengan visa pengunjung sementara
(11.525), dan menambahkan jumlah overstayers dari Indonesia (7.246 pada tahun
2004) untuk tiba di populasi Muslim asing 63.467,2 Metode ini Perhitungan tidak
sempurna karena keduanya mengabaikan fakta bahwa beberapa negara anggota OKI
(seperti Malaysia dan Lebanon) memiliki populasi non-Muslim yang besar, dan
gagal memasukkan Muslim dari negara-negara non-anggota seperti India dan Sri
Lanka. Pendaftaran mahasiswa Muslim asing di perguruan tinggi dan universitas
Jepang meningkat pada 1990-an, dengan beberapa siswa mencari pekerjaan di
Jepang dan tinggal di negara itu setelah lulus. Meskipun sebagian besar datang
ke negara berbagai tujuan bersama, latar belakang sosial imigran dan metode
masuk ini bervariasi seperti Indonesia, Pakistan, Banglades dan Iran.
Adapun penduduk tetap yang
tercatat melalui pernikahan Selama periode yang sama, populasi orang Iran di
Jepang meningkat dan Bangladesh serta orang Indonesia meningkat di mana 12
Proporsi tinggi perkawinan Pakistan dengan warga negara Jepang membantu
menjelaskan keterlibatan Pakistan yang lebih besar dalam kegiatan keagamaan di
Jepang. Kelompok ini terdiri dari mayoritas wanita Muslim di Jepang.
Perkembangan
Islam di Jepang dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara pernikahan dan
dakwah. Dalam hal perkawinan, wanita tertarik kepada Islam karena mereka
menginginkan kebebasan dan Islam memberikan mereka (wanita) kemerdekaan sebab
mereka tidak akan menjadi budak lelaki manapun. Islam juga melawan agresi moral
yang menyerang wanita. Kesucian dan kehormatan wanita dilindungi. Islam
melarang hubungan haram. Semua ini menarik perhatian para wanita. Sedangkan dalam hal
dakwah, para pelajar dan pekerja di berbagai bidang membentuk suatu komunitas
ataupun berbagai organisasi Dengan komunitas atau organisasi tersebut mereka
berusaha memperbaiki pemahaman ajaran Islam dan mengukuhkan persaudaraan antara
orang-orang Islam. Selain membentuk komunitas atau organisasi mereka juga
mendirikan berbagai masjid dan mushala untuk melakukan ibadah dan berdakwah.
Perkembang Islam di Jepang begitu lamban, hal ini dikarenakan masyarakat Jepang
sangat terikat dengan kebiasaan dan adat istiadatnya serta kecenderungan pembangunan
negara Jepang yang materialistik.
Masjid di Jepang berperan sebagai Ruang Serba Guna
karena jumlah penduduk Muslim jangka panjang di Jepang telah tumbuh, Muslim
dengan latar belakang bahasa yang berbeda semakin berkomunikasi dalam bahasa
Jepang. Dengan demikian, orang-orang di Jepang menggunakan masjid tidak hanya
untuk shalat berjamaah dan pertemuan keagamaan tetapi juga untuk pernikahan, pemakaman,
studi agama, dan pertemuan sosial atau bisnis. Beberapa masjid memesan lantai
atau ruang terpisah yang dipartisi untuk jamaah perempuan. Dan kepemimpinannya
Setiap masjid memiliki imam untuk memimpin shalat berjamaah dan kegiatan
keagamaan lainnya.
Dalam Generasi Baru Masjid dan Pembangunan Komunitas, terdapat tiga masjid terletak di jalur kereta api Tobu-Isesaki, di sepanjang yang banyak pabrik kecil dan bisnis di mana imigran Muslim telah bekerja pada waktu itu. Di wilayah Kanto masjid terletak di Hyuga, Gyotoku, dan Shirai (Prefektur Chiba); Toda, Yashio, dan Tokorozawa (Prefektur Saitama); Ebina dan Yokohama (Prefektur Kanagawa); Tatebayashi (Prefektur Gunma); dan Koyama dan Ashikaga (Prefektur Tochigi); Serta di Asakusa, Otsuka, Ohanajaya, Hachioji, dan tempat lain di Tokyo. Masjid-masjid ini diciptakan melalui inisiatif imigran akar rumput; Masjid-masjid lain telah dipulihkan atau dibuka dengan bantuan dari luar. Meskipun orang Indonesia merupakan kelompok Muslim terbesar di Jepang, pakistan adalah kelompok yang paling aktif berkaitan dengan pembukaan dan operasi masjid di Jepang dan mengabadikan kegiatan keagamaan di antara komunitas Muslim. Banyak orang Indonesia yang tinggal di Tokyo lebih suka menggunakan Barai Indonesia, sebuah sekolah yang melekat pada kedutaan Besar Indonesia di Tokyo, untuk berdoa. Sampai saat ini pemerintah Jepang telah secara resmi mengakui sebagai perusahaan agama hanya beberapa masjid (seperti Masjid Kobe, Tokyo, dan Nagoya) dan asosiasi Islam (seperti Asosiasi Muslim Jepang, Islamic Center-Jepang, dan Japan Islamic Trust).
3.
Wajah Publik dan Ruang
Pribadi: Islam dalam Konteks Jepang (Michael Penn)
Banyak tantangan yang dihadapi oleh umat Islam di
Jepang adalah konsekuensi dari perbedaan antara pendekatan Jepang dan Muslim
terhadap agama. Selain tantangan di dalam pendidikan, Tantangan Sehari-hari yang
dihadapi Muslim di Jepang seperti ketika di rumah, tentu saja, umat Islam dapat
menyiapkan makanan mereka sendiri dan meyakinkan diri mereka sendiri bahwa
semua hidangan halal; Makan di luar, bagaimanapun, adalah tantangan bagi Muslim
yang taat di Jepang karena orang Jepang biasa memiliki sedikit kesadaran akan
praktik diet Muslim. Wanita Muslim yang tidak cocok dengan kategori khas siswa
yang sudah menikah, buruh, atau ibu rumah tangga. Tidak hanya itu, menjadi
seorang Muslim di Jepang juga memiliki kelebihan dan kekurangannya, beberapa
Muslim di Jepang berperilaku secara lahiriah seperti yang dilakukan orang
Jepang lainnya tetapi menjaga iman mereka untuk diri mereka sendiri dan
keluarga mereka. Kefasihan penuh dalam bahasa lokal dan pemahaman asli tentang
perilaku Jepang memang memberi Muslim Jepang keuntungan yang berbeda atas
Muslim asing di Jepang.
Kejadian pada 11 September dan Perang Melawan
Terorisme memberi dampak, di mana dalam pemerintah Jepang, Badan Kepolisian
Nasional (NPA) juga telah menyebarkan kisah-kisah menakutkan tentang ancaman
domestik terorisme Islam. Muslim lain yang diwawancarai berbicara tentang
Asosiasi Mahasiswa Muslim universitas, yang telah membeli tanah untuk membangun
sebuah masjid, diminta polisi untuk bekerja dengan masyarakat setempat untuk
menghindari gesekan. Asosiasi Muslim memperluas undangan kepada komunitas Jepang
setempat yang menawarkan kesempatan bagi perwakilan untuk mengamati doa dan
belajar tentang karakter dasar Islam. Departemen kepolisian setempat di seluruh
Jepang, tampaknya menganggap serius dugaan ancaman terorisme Islam domestik,
terus mengawasi komunitas Muslim asing.
Komentar
Posting Komentar